Grapes
 

Kesehatan dan Anggur Segar California


Semua anggur segar apapun warnanya- merah, hijau, dan hitam- adalah tampak menarik dan nikmat untuk dimakan. Tapi ada kelebihan lain: Anggur mengandung campuran antioksidan alami yang membantu kesehatan jantung dan menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan. Apalagi, muncul penelitian laboratorium pada anggur atau unsur pokok anggur yang telah menunjukkan aktivitas anti kanker dan berpotensi menjaga kesehatan otak.

Bagaimana anggur dapat meningkatkan kesehatan jantung?
Berbagai studi menunjukkan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular dengan cara:

  • Menjaga akumulasi trombosit (yang dapat menyebabkan penggumpalan darah)
  • Meningkatkan kelenturan dan fungsi nadi
  • Mengurangi radang
  • Menghambat oksidasi kolesterol jahat
  • Menurunkan tekanan darah

Antioksidan yang Bermanfaat
Anggur mengandung polyfenol yang melimpah, termasuk flavonoid dan juga salah satu sumber utama diet resveratrol. Resveratrol ditemukan pada kulit semua jenis warna anggur dan dikenal untuk antioksidan dan berkhasiat anti radang. Flavonoid anggur ditemukan di semua bagian anggur termasuk kulit, daging dan bijinya. Sebuah resensi baru tentang anggur alami mencatat 1610 total senyawa, termasuk  karoten lutein dan beta-karoten. Dan akan ada ratusan senyawa lagi yang akan ditemukan.

Antioksidan:

  • Melindungi sel dengan menetralisir bahaya dari efek radikal bebas
  • Mengurangi oxidative stress, satu kondisi yang berkaitan dengan pertumbuhan penyakit kronis

Anggur Hijau Juga Memiliki Antioksidan

Berlawanan dengan kepercayaan banyak orang, anggur hijau (putih) juga mengandung antioksidan. Studi terbaru menunjukkan bahwa total kandungan antioksidan anggur hijau dan anggur merah dtemukan pada tingkat yang signifikan ( yang terhitung oleh ORAC): Anggur merah mengandung antioksidan sebanyak 2016 sementara anggur hijau mengandung antioksidan sebanyak 1789.

Yang perlu digarisbawahi adalah semua warna anggur mengandung antioksidan. Hanya anggur merah dan hitam yang mengandung antosianin, salah satu jenis fitonutrien yang bertanggung jawab atas pigmen merah dan biru pada buah dan sayuran.

Tentang Nilai Kandungan Antioksidan Oleh ORAC

Kekuatan antioksidan pada makanan selalu disamakan dengan nilai ORAC, sebuah analisis uji coba yang mengukur Oxygen Radical Absorbance Capacity (ORAC). Bagaimanapun juga yang penting untuk dipahami adalah kandungan antioksidan dalam sebuah makanan tidak sepenuhnya terhitung oleh ORAC, dan ini tidak mencerminkan kemampuannya mengubah status antioksidan dalam manusia.

Ketika tes ORAC menghitung aktivitas perubahan radikal bebas melawan salah satu jenis radikal bebas – radikal peroxyl – terdapat beberapa jenis radikal bebas dan sejumlah pengujian kadar logam yang mengukur aktivitas melawan radikal bebas.

Apalagi, yang terpenting dari antioksidan yaitu antioksidan adalah bioavailable, atau dapat diambil dan digunakan tubuh. Fitonutrien memiliki beberapa tingkatan bioavailability setelah dikonsumsi dan kemungkinan pengaruh biologis yang berbeda saat diserap tubuh.

Dengan sendirinya, nilai ORAC hanya sebagian gambaran dari kandungan antioksidan dan bukan indikasi dari jaminan kesehatan.

Antioksidan Anggur Dapat Diserap Manusia

Riset pada manusia telah membuktikan bahwa anggur menyediakan phytonutrien yang bioavailable (dapat diserap) dan memperlihatkan peningkatan antioksidan yang signifikan pada manusia. Riset dilakukan oleh Dr. Ronald L Prior dari USDA Arkansas Children’s Nutrition Center juga mengindikasikan bahwa anggur menunjukkan kecenderungan yang lebih kuat untuk meningkatkan level antioksidan pada manusia daripada buah lain dengan antioksidan tinggi di studi yang lain.

 “Anggur memberikan dosis antioksidan yang sangat baik. Anda mungkin merasa harus makan lebih banyak makanan dengan anthocyanin yang tinggi untuk menunjukkan reaksi yang sama dalam level antioksidan.” Dr. Ronald L. Prior, USDA Arkansas Children's Nutrition Center.

Apa Selanjutnya?

Saat ini, riset diselenggarakan di berbagai negara dengan terus menerus menemukan temuan baru. Ilmu pengetahuan yang baik membutuhkan waktu, hal ini mendapat dukungan penuh  dari  sebuah yayasan ilmiah yang mengkaji tentang anggur dan kesehatan.